June 25, 2022

BPKPD – Provinsi Sulawesi Barat

Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah

Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Majelis Pertimbangan Penyelesaian Kerugian Daerah ( MP-PKD ) Provinsi Sulawesi Barat

0
(0)

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Drs. Amujib MM bersama seluruh Kepala Bidang Lingkup BPKPD Prov Sulbar menghadiri Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Majelis Pertimbangan Penyelesaian Kerugian Daerah ( MP-PKD ) Provinsi Sulawesi Barat di Tribun Merah Puti Kantor Gubernur Sulbar, Kamis 28 April 2022.

Berdasarkan PP 38 Tahun 2016 Pasal 1 angka (1 ) dan ( 2 ) menyatakan bahwa kerugian negara/daerah adalah kekurangan uang, surat berharga dan barang yang nyata dan pasti jumlahnya sebagai akibat perbuatan melawan hukum baik sengaja maupun lalai dan tuntutan kerugian adalah suatu proses tuntutan yang dilakukan terhadap pegawai negeri bukan bendahara atau pejabat lain dengan tujuan untuk memulihkan kerugian negara/daerah.

Ditegaskan dalam PP ini, setiap pegawai negeri bukan bendahara atau pejabat lain yang melanggar hukum atau melalaikan kewajibannya baik langsung yang merugikan keuangan negara/daerah diwajibkan mengganti kerugian dimaksud.

Maka dari itu, hari ini terselenggara Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Majelis Pertimbangan Penyelesaian Kerugian Daerah ( MP-PKD ) Provinsi Sulawesi Barat, dimana Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah ini bertujuan untuk menciptakan iklim kerja yang sehat, bersih, bermartabat dan berwibawa.

Majelis Pertimbangan Penyelesaian Kerugian Daerah merupakan salah satu wadah internal pemerintah daerah untuk menyelesaikan temuan – temuan aparat pengawas fungsional seperti BPK, BPKP dan Inspektorat yang dilakukan oleh pegawai bukan bendahara maupun pihak ketiga yang melakukan perbuatan merugikan keuangan dan barang milik daerah.

Hadir dalam acara ini Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, H. Muh. Ali Baal Masdar, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Dr. Muhammad Idris dan undangan lainnya.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Please follow and like us:
bpkpd@sulbarprov.go.id
YouTube
bpkpdsulbar
Telegram
WhatsApp